Rabu, 08 Oktober 2008

CERPEN TEELIT


Thank For Your Attention
And Support To Me
Cerpen : Ken Ratu



lLOW! Nama gue Ratu. Ken Ratu Adni Sukmawati lengkapnya. Biar lebih singkat, gue biasa dipanggil Ratu. Ga banyak yang gue tau tentang nama gue. Definisinya aja gue ga mudeng. Ga sedikit orang yang panggil gue Ken Dedes. Ada juga yang iseng nanyain kalo gue sebenernya apanya Ken Anggrok? (sesuai yang tertuang dalam Kitab Pararaton neeh!). Gue jawab aja keponakannya (ha, ha, ha). Bahkan ada yang panggil gue Ratu Elizabeth (lumayanlah yang keren-keren). Adni itu artinya surga. Sedang Sukmawati itu diambil dari nama panjang nyokap gue.
Gue anak ke-2 dari tiga bersaudara. Gue cewek sendiri. Kalo dalam istilah Jawa istilahnya “Sendang Kapit Pancuran”. Gue lahir dari keluarga yang sederhana, tapi bahagia. Buat keluarga gue materi bukan segala-galanya! Yang penting bahagia! Gue anak dari seorang “Man Of The Year” tahun 1994, tentunya bokap gue yang dapet gelar ini.
Gue lahir tanggal 14 November 1990 di Tegal. Lo-lo ga tau kan? Buat gue tanggal lahir ini bisa buat gue bangga ‘coz tanggal lahir gue sama kaya tanggal lahir Pangeran Charles dari Inggris (iihh.... bangganya). So pasti kalian tau donk zodiak gue, scorpio. Kalo menurut horoskop, gue ini orangnya pekerja keras, ambisius, misterius (apalagi soal perasaan, gue benci sama kejujuran), egois, keras hati, keras kepala ‘n banyak maunya. Ya, walau gue akui semuanya bener. Ga ada orang yang bisa ngelarang atas kemauan gue. Semuanya harus diturutin! Harus!
Ke-3 anak ortu gue punya nama depan Ken semua. Ga tau deh apa alesannya kenapa kita dikasih nama depan Ken (mungkin marga, kale!). Tapi kata nyokap gue seh, bokap gue tergila-gila sama tokoh Ken Anggrok, raja besar dari Kerajaan Singosari. Kebetulan waktu kakak gue mau lahir, bokap gue lagi nyelesein naskah drama “Ken Anggrok Gugat”. Makanya waktu kakak gue dah lahir, diberi nama depan “Ken”. Ken itu artinya “Gelar Rakyat”, biasanya diperuntukan bagi seorang rakyat jelata yang kemudian menjadi raja. Begitu pula bagi permaisurinya akan mendapatkan gelar semacam itu. Ya...., macam Ken Dedes ‘n Ken Umang permaisuri dari Ken Anggrok gitu deh.
Dari situlah kita dikasih nama Ken. Sampe-sampe adek gue dikasih nama Ken Narendra Mediasah Muhammad. Artinya, satu-satunya Raja Media yang paling sah tetapi berjiwa mulia seperti Nabi Muhammad. Menurut bokap gue, pada tahun 1998 bokap gue merintis lahirnya Tabloid Mingguan TEGAL TEGAL yang pertama kali muncul di Kota Tegal.
Pada waktu itu, bokap gue menginginkan agar SIUPP (Surat Ijin Penerbitan Pers) TEGAL TEGAL lebih dulu terbit ketimbang lahirnya adek gue. Ternyata keinginan bokap gue kesampaian, hingga adek gue dikasih nama Ken Narendra Mediasah Muhammad. Sayang, umurnya ga panjang. Tepat hari Jum’at Legi 25 Maret 2005 adek gue mengakhiri hidupnya. Ga tau deh kenapa Tuhan mengakhiri hidupnya. Sayang kale!
Gue terlahir jadi anak yang galak, cuex, pendiem, judes ‘n jutek. Gue ga suka berorganisasi. Meski banyak orang yang bilang gue cantik. Tapi sebenernya gue bingung dari sisi mana orang bilang gue cantik. Kata gue seh wajah gue biasa-biasa aja tuch ga ada istimewanya. Orang bilang semua sifat bokap nempel dalem diri gue. Tapi ga taulah! Yang paling keliatan sifat pendiem gue (kata orang, loh) persis sama bokap. Gue ga pernah peduli sama masalah orang laen (itulah bukti kalo gue ini egois). Yang gue pikirin cuma diri gue sendiri. Kita emang idup bermasyarakat. Tapi belum tentu orang laen mikirin kita, buat apa kita mikirin mereka. Kecuali orang yang bener-bener perlu kita pikirin. Kalo gue disakitin gue ga bakalan maafin orang itu (itulah orang keras hati). Tapi ga semua sifat gue jelek, loh! Kata sobat gue, gue termasuk orang yang paling enak buat curhat. Hampir semua nasehat-nasehat gue bisa dicerna dalem otak. Gue juga punya rasa solider yang cukup tinggi. Punya segudang teman. Katanya gue juga ga suka pilih-pilih temen kalo maen. Gue punya rasa sayang yang tinggi banget. Terserah deh orang mo nilai gue kaya apa!
Gue juga termasuk anak yang malez, malez banget! Sejak adek gue pergi, gue ga pernah nyentuh pekerjaan rumah tangga. Padahal kan itu kewajiban seorang anak ma ortunya, apalagi gue cewek. Jangankan cuci piring, nyapu aja gue ga mau. Makanya gue sering bikin ati nyokap gue dongkol. Berbagai alesan gue keluarin biar nyokap gue ga teriak-teriak nyuruh gue cuci piring. Eh gue juga termasuk anak yang pembokiz berat loh! Kalo lo mo cari kamus tentang cara boong, mungkin gue ratunya. Gue punya 1001 cara buat boong. So, orang yang gue boongin percaya gitu aja. Salah satu alesannya yaitu pura-pura tidur, bilang kalo kita lagi ngerjain tugas, lagi pusing lah, sakit perut lah, pura-pura ga denger kalo dipanggil lah, ato mungkin maen ke rumah temen terdeket. Pokoknya banyak alesan yang bakal gue keluarin buat ngindarin pekerjaan rumah tangga. Paling gawat kalo nyampe nyokap bener-bener marah, dia mulai ceramah panjang lebar. Udah gitu kata-katanya diulang-ulang lagi. Kan bosen?! Mungkin nyokap gue keabisan kata-kata buat anak tersayangnya ini. Satu pesan gue buat nyokap: “Sering-sering ngebaca aja dech” biar punya kamus banyak tentang kata-kata nasehat buat anak yang malez kerja kaya gue ini (he, he, he). Kalo udah gini-ni, gue cuma masuk kamar pura-pura tidur. Kalo udah selese ceramah gue cukup bilang gini ma nyokap.
“Udah selese Hajah Endang Sukmawati tentang ceramahnya?”
Ngomong-ngomong thema kali ini apa ya, ko gue ga tau? Kalo ga salah tentang “Azab Anak Durhaka”. Bener ga? Kalo gue udah ngomong gini nyokap gue cuma ngelus dada sambil ketawa ngakak ngeliat anak badungnya ini.
Jujur! Gue sama sachang gue malezan. Ga tau deh apa yang bikin gue malez kaya gini. Ato kalo mo ngeluarin jurus baru buat boongin nyokap, gue cukup manfaatin nama yang dah bokap gue kasih.
“Aku kan Ratu! Masa disuruh-suruh kaya babu! Ratu kan cuma nyante aja. Siapa suruh kasih nama Ratu, ya harus jadi Ratu beneran donk. Ga boong-boongan!”.
Kalo udah gini bukan gue yang disalahin tapi bokap gue. Katanya kalo kasih nama ga pikir-pikir dulu, ngelunjak deh anaknya! Thanks buat bokap gue yang dah ngasih nama yang keren ini. Lumayan bisa buat ngebokiz neh! (ha, ha, ha, gila gue!).
Tapi dengan gue punya nama Ratu ini, gue punya kendala. Wajah gue dibentuk Tuhan dalem kategori feminin. Padahal gue pingin jadi anak yang bisa meranggkap dua kategori, feminin ‘n rada dikit tomboy. Tapi sayang wajah gue ga ngedukung gue banget. Kalo gue dikit aja berubah jadi tomboy, sobat-sobat gue bakal ngetawain gue abis-abisan. Katanya gue ga pantes jadi laki. Padahal lo tau ga she, gue pingin banget rada sedikit tomboy. Tapi ga bisa! Wajah gue ga setuju neh! Harus operasi plastik kali ya?
Pernah neh satu pengalaman. Waktu itu gue ke mall buat shopping bareng nyokap. Nah pas liat aksesoris gitu, gue liat ada anting yang iihh.....gila keren banget. Gue ga mau pikir dua kali, gue beli aja ga pikir resikonya. Nyampe rumah gue pake tuh anting. Pas sore gue maen ke rumah temen yang pasti udah mandi dulu donk. Eh, dia bukain pintu langsung ngetawain gue abis-abisan. Gondok ga ati gue diketawain kaya gitu! Emang topeng monyet?! Apalagi pas gue denger alesannya apaan. Dia bilangnya gini.
“Lo ngapain pake anting gituan? Ga pantes tau ga seh! Pokoknya ga lo banget deh! Pokoknya lo itu identik dengan rok mini, anting panjang, make up, tank top, high heels ‘n perangkat cewek feminin laennya deh”
Sejak saat itu gue berhenti ‘n ngebuang angan-angan buat jadi anak berkarakter ganda. Sekarang “Be Your Self” aja deh ‘n mensyukurin yang udah Tuhan kasih. Tapi masih terbesit juga seh keinginan gue buat jadi penggebug dram profesional (semacam drumer gitu deh).
Gue juga sering dibilang aneh ma temen-temen gue ‘coz gue ngefans ma warna ungu. Eh katanya warna ungu itu warna janda! Kurang ajar banget ga seh?! Sedang gue punya makna tersendiri tentang ungu. Buat gue ungu itu warna yang bener-bener mempesona banget. Penuh pesona, imajinatif, pokoknya bikin orang yang pake sesuatu warna ungu tuh keliatan anggun banget ‘n tentunya mempesona. Warna ini juga matching kalo dipaduin ma warna-warna laennya Bukan cuma ungu yang buat gue jatuh hati. Ada putih, item plus biru yang selalu jadi temen setia ungu. Warna-warna ini juga punya arti tersendiri buat gue. Misalnya putih. Putih itu artinya suci. Sedang item itu maknanya berani ‘n keren. Kalo biru itu sendiri maknanya adem, kalem. Dari empat warna ini yang paling gue suka ungu, ungu my love. Ga peduli orang ngartin apa tentang ungu. Yang penting suka! Sekali suka tetap suka!
Kalo ngomong-ngomong soal warna yang gue benci, ada tiga warna yaitu kuning, pink, merah. Ga tau deh kenapa gue benci banget ma warna ini. Banyak sebagian orang bilang katanya merah itu berani ma keren. Tapi ga buat gue, di mata gue warna ini keliatan ndeso ‘n kampungan banget. Cewek-cewek di sekolah gue bilang pink itu kalem, feminin ‘n apalah itu....... gue lupa! Beda ma gue, pink itu warna yang pucat pasi kaya ga punya semangat idup lagi. Itu warna yang pas buat pederita anemia. Mereka bilang kuning itu cerah. Ah... ga lah! Kuning itu terlalu ngejreng ‘n menjijikan. Bener ga seh, fren? Bener donk! Tapi yang namanya manusia punya selera yang beda.
Mungkin kalo lo nanya ma gue tentang cowok, untuk urusan kali ini gue anti banget. Ga tau deh, gue masuk kategori cewek yang susah jatuh cinta. Banyak sobat gue yang nanya pernah ga gue nangis karena cowok? Oh... sesuatu yang malu-maluin banget! Buat gue nangis itu hal yang menandakan kalo kita itu lemah, pasrah, putus asa ‘n ga berdaya juga ga punya kekuatan. Walopun kita cewek, kita ga boleh lemah donk! Dalem kamus idup gue ga ada ya seorang Ratu nangisin cowok, ga gue banget geto loh!? Sayang euy..... hari gene nangis, basi ah!? Dalem hal ini gue jadi cewek yang paling suci diantara sahabat gue. ‘Coz gue ga pernah nangisin cowok. Hampir semua sahabat gue pernah nangis karena kangen ma cowok idamannya. Eh, ada satu hal yang pingin gue umumin buat lo-lo semua. Kalo lo benci ma seorang cowok, jangan sampe kelewat batas. Bisa-bisa lo jatuh cinta ma dia. Cinta juga bisa dateng dari rasa benci loh?! Asal lo tau batas cinta ‘n benci itu tipis banget.
Dalem hal ini gue juga dibilang ga normal ma temen-teman. Ah...... biarin! Cuex aja lagi! Kalo menurut sahabat-sahabat gue cinta itu indah, tapi ga buat gue. Cinta itu ga ada terjemahannya. Terlalu banyak kata-kata. Semua orang punya terjemahan sendiri tentang virus dewi amor ini. So buat apa kita jatuh cinta kalo arti cinta itu sendiri, kita ga tau ato bahkan ga ada artinya. Tapi beberapa penyair bisa ngartiin cinta. Tentunya ga resmi. Salah satunya penyair yang bernama Kahlil Gibran asal Lebanon ini (ga asing ditelinga kan?) menyatakan : “Love is a flower” yang artinya “Cinta itu laksana bunga”.
Ada juga Mahatma Gandhi yang bersabda: “Dimana ada Cinta disitu ada kehidupan”. Ada Ralp Connor dengan definisinya: “Cinta itu bagaimana caranya membuat orang laen bahagia, bukan bagaimana caranya agar kita bahagia. Ada satu lagi pepatah Polandia yang bilang: “Cinta sejati itu cinta seorang ibu dengan anaknya dan cinta seekor anjing dengan tuannya. Tapi buat gue semua itu bulh-shit! Biarlah mereka idup dengan definisinya masing-masing. Gue juga akan idup dengan definisi gue sendiri tentang cinta.
Dikhianati temen emang sakit. Sakit banget! Itu salah satu faktor kenapa gue ga suka dikhianati. Gue pernah ngrasain ini sebelumnya, makanya gue bisa ngomong kaya gini. Diboongin juga gue benci banget. Banget! Padahal gue hobi banget boong. Huh..... anehnya diriku ini! Gue benci ma sesuatu yang berbau kebohongan. Gue selalu ingin bersifat apa adanya. Alami!
Menunggu, mungkin hal yang paling ngebetein banget buat gue! Dicuexin juga gue benci banget! Mungkin orang bawel salah satu yang paling nyebelin. Lebih sakit lagi kalo kita diremehin orang. Gue benci banget ma orang yang suka ngeremehin gue. Bukankan Tuhan menciptakan makhluk-Nya dengan berbagai kekurangan ‘n kelebihan? Kenapa kita saling ngeremehin ‘n nyepelein orang laen. Belum tentu orang yang kita remehin itu punya kelebihan yang ga kita punya. So, separah-parahnya orang jangan sampe kita ngeremehin orang itu. Kita idup harus saling hormat-menghormati. Gue ga suka ada orang yang sok filosofi banget. Sok nasehatin gue. Meski nasehatnya terbaek buat gue. Gue tipe orang yang ga mo ndengerin orang laen. Jadi percuma banget kalo ada orang yang nasehatin gue. Pasti masuk telinga kanan ‘n keluar telinga kiri. Gue idup percaya ma diri sendiri. Gue ga bisa percaya ma orang laen meskipun dia sahabat ‘n keluarga gue sendiri.
Gue pingin tumbuh jadi seorang cewek yang punya sejuta impian ‘n harapan tanpa campur tangan orang laen. Gue pingin semua bakat gue ngalir sendiri kaya aer di pegunungan Chile tanpa perlu ada yang ngedorong-dorong. Itulah yang selalu gue terapin ke sobat-sobat gue. Gue pingin orang nerima gue apa adanya. Segala kelebihan ‘n kekurangan. Gue juga pingin ngejadiin kekurangan gue menjadi sebuah kelebihan yang patut dibanggakan yang ga semua orang punya. Kita ga usah malu akan kekurangan yang kita miliki. Jadikan kekurangan itu sebuah goresan tangan yang patut diacungi jempol! Gue punya motto hidup kaya gini: “Hidup ini sebenernya indah. Indah banget”. Kalo kita pandai ngambil hikmah dari setiap moment yang kita temui ‘n lewati! Jangan memikirkan sesuatu yang udah terjadi ‘coz waktu ga akan membiarkan kita terlarut dalem kebahagiaan terus, pasti sad ‘n happy silih berganti. Berpikir melangkah ke depan itu yang perlu kita nomor satu kan! Positive thinking aja! Jangan pikirkan orang laen kalo lo ga mikirin diri lo sendiri! Kita idup emang beralaskan cinta ‘n kasih sayang, tapi apa kita mo makan pake cinta ato sayang tersebut. Ga kan? So jangan nomor satukan keduanya itu, percuma! Gue juga ga pernah nyesalin apa yang udah terjadi ma gue. Walopun hasilnya ga sesuai yang kita arepin. Tapi gimana pun hasilnya, itulah yang terbaek yang kita lakuin. Enjoy the moment (gitu kalo dalem bahasa Inggrisnya). Mungkin motto gue bisa jadi bahan pertimbangan buat lo-lo semua.
Sahabat itu layaknya kesehatan, yang baru kita sadari betapa pentingnya dia setelah kita kehilangan. Tapi bukan berarti kita mesti numpahin idup kita ke sahabat. Ga mungkin kan?! Sering persahabatan berakhir dengan cinta, tapi cinta ga akan pernah berakhir dengan persahabatan. Itu definisi Charles Colton tentang sahabat. Gue punya sahabat yang setia banget ma gue. Meski kadang gue sering nyakitin perasaan dia. Gue terlalu egois ma dia. Tapi dia ga pernah marah ‘n berontak tentang perlakuan gue ke dia. Dia cukup menyimpan itu semua dalem hatinya. Dia juga selalu nganggap omongan gue dengan candaan. Tapi kadang gue dongkol ma dia, abiz dia selalu nganggap gue becanda ga pernah serius. Padahal gue ini tipe anak yang serius banget. Dia cukup tau banyak tentang gue. Gue sering curhat ma dia berbagai hal. Mulai dari cowok, keluarga, sekolah. Tapi satu yang ga pernah gue curhatin ke temen gue ato bahkan sahabat gue sekalipun. Perasaan!
Gue ga pernah cerita ke sapa-sapa tentang perasaan gue saat ini. Makanya mereka sering penasaran ma gue. Gue dibilang misterius ‘coz mereka ga tau sifat apa gue ini sebenernya. Biarlah kemisteriusan gue ini menjadi sebuah ciri khas seorang Ken Ratu.
Gue tergila-gila sama kartun woodywood pecker ‘n marsupilami. Mereka itu antik, lucu ‘n unik banget. Gue juga bercita-cita jadi pramugari. Terbang bebas mengelilingi dunia, itu motifasi gue jadi pramugari. Tapi biarlah waktu yang ngejawab mo jadi apa gue ini. Gue juga sering bingung kenapa gue punya bakat ngarang. Ga pernah terbesit dalem otak gue buat jadi seorang penulis. Tapi takdir berkata laen. Kalo emang ini yang Tuhan kasih buat gue yang terbaek, kenapa ga gue coba? Cobalah hal laen yang belum pernah lo jamahi selama itu masih positif! Itu pesen gue. Ga ada salahnya kan kalo gue coba jadi penulis! Gue percaya ma takdir meski ga sesuai yang kita arepin. Tuhan pasti kasih yang terbaek buat hambanya. Tentunya kalo Tuhan masih sayang ma kita.
Ada beberapa ucapan yang pingin gue ungkapin buat orang terdeket gue. Terutama buat orang-orang yang dah support gue jadi penulis. Yang pertama buat Tuhan Yang Esa. Yang dah kasih gue bakat yang ga pernah gue duga. Gue bakal manfaatin bakat ini sebaek mungkin. Yang ke dua buat ortu gue: “Thanks buat bokap gue yang dah ngedukung abiz bakat anaknya ini. Buat nyokap gue yang selalu marah-marah kalo gue terlalu lama dikomputer, thanks banget atas doanya”
Yang ke tiga buat keluarga gue yang selalu nyuruh gue kembangin bakat ‘n ngedukung gue sepenuhnya . “Thanks”. Yang ke empat buat sahabat-sahabat gue yang selalu kasih gue inspirasi buat bikin cerpen. Yang selalu ngedukung ‘n semangatin gue tanpa ada abiznya. “Thanks”.
Yang ke lima buat sachang (kakak) gue yang selalu ngejek karya-karya gue. Gue bakal buktiin kalo gue bisa jadi penulis handal. Bakal gue buktiin kalo karya gue ini karya terbaek diseluruh dunia. “Thanks atas ejekannya yang bikin gue kenyang”. Gue bingung mo ngomong apa. Gue cuman bisa ucapin “Thanks” buat orang yang dah ngedukung ‘n hargain karya gue. “Thanks For Your Attention and Support to Me” Gue janji bakal kasih yang terbaek buat kalian semua.


Tegal, 2 Pebruari 2006



CATATAN:
Cerpen di atas salah satu cerpen yang aku ambil dari Kumpulan Cerpen Teenlitku bertajuk ‘Sory...Gue Ga Bisa Nolak Lo’ yang aku buat saat masih duduk di kelas 3 SMP Neegeri 2 Kota Tegal.
KETERANGAN GAMBAR
Aku dan Moch. Hadi Utomo Angkatan 66 yang juga salah satu tokoh tegalan yang getol membuat lagu tegalan, sandiwara tegalan, dan jingle iklan radio.

Tidak ada komentar: