Kamis, 09 Oktober 2008

CERPEN KEN RATU (2)


I Miss U Forever, Rasya...
Cerpen : Ken Ratu

I guy’s nama gue Rasya. Sebenernya gue lagi terserang virus Dewi Amor, ya virus jatuh cinta. Jatuh cinta ma seorang cowo yang selama ini gue cuekin aja, ‘coz gue ngerasa malu klo dia sampai tahu masa silam keluarga gue yang malu-maluin banget. Masa silam yang bener-bener berat gue terima, masa silam yang gue ga bisa sandang sendiri. Tapi, gue bingung sama siapa mesti curhat, sama siapa harus ungkapin beban ini. Gue dah ga tahan nanggung sendirian. Cuma Tuhan yang bisa bantuin gue, karena gue percaya Dia slalu ada bersama gue, bantuin gue ‘n slalu ngejaga gue.
Lagi enak-enak nglamun di teras rumah, gue dikageti ma sebuah suara yang dah ga begitu asing di telinga.
“Eh, lagi ngapain lo bengong sendirian kaya orang bego abiz”, katanya sambil nepuk pundak gue. Suara itu sekaligus ngebuyarin lamunan gue. Suara siapa lagi klo bukan suara si Nafra. Dia adalah satu-satunya temen gue yang paling bisa ngertiin gue.
“Lho, ko pake nglamun segala seh, kaya makhluk tulalit“ sapanya lagi.
“Ah lo ngagetin aja seh.” ujar gue sebel.
“Nah lo ketauan lagi mikirin Ezy kan?“ tanyanya yang sempet bikin gue kaget ‘n bingung. Ya Ezy itu nama cowo yang ngefans ma gue, tapi slalu gue cuexin.
“Malez banget, kurang kerjaan kale.” gue so jual mahal banget, padahal dalem ati gue ngomong ‘ya’.
“Tinggal ngomong ya, ngapa?“
“Ah, udah jangan mulai duluan neh, gue jadi sebel tau ga seh?“ gue sebel.
Akhirnya gue masuk ke dalem rumah buat ngambilin aer plus camilan buat sobat gue. Klo di rumah gue, dia paling seneng soalnya gue slalu nyediain es creame buat temen yang maen. Temen-temen gue juga paling suka ngemil, klo dah ngemil bisa 5 toples mereka abisin, so gue harus belanja ke mall klo mereka mo pada maen.
Pas gue mo balik ke teras lagi, gue liat seorang cowo lagi asyik ngobrol ma Nafra. Beribu tanda tanya nyangkut di otak gue, siapa seh orang itu? Astagfirullah haladzim, Ezy. Oh my God, ngapain dia di sini? Ko dia tau gue lagi ngumpul ma Nafra di rumah? Ya, gue tau apa arti kedatengan sobat gue ke sini, ga laen lagi mo mempertemukan gue ma Ezy. Itu pasti!!!
“Eh, nah itu dia yang lagi diomongin, dasar panjang umur lo “ kata sobat gue begitu liat gue.
“Amien “ jawab gue pendek.
Oh Tuhan, dia keren banget hari ini. Dengan celana jeans item, kaos putih bermotif tulisan Cina dipadukan dengan topi item. Dandanannya emang kalem, tapi ini yang bikin cewe-cewe di sekolah kecantol ma dia. Kadang gue akui gue sering jeaolus klo ada cewe yang caper ma dia. Pura-pura nanyalah, apalah, itulah, pokoknya berjuta-juta alasan. Maklum dia anak no.2 teladan sesekolah setelah gue.
“Eh, sory ya gue maen ke rumah lo ga ngomong lo duluan. Ga marah kan?” tanyanya buka pembicaraan ma gue.
“Banget! “ jawab gue singkat ‘n ketus.
Dari depan jendela tetangga yang sebaya gue, gue ngeliat ada sesosok cewe lagi mandangin kita-kita di sini. Terutama mandangin si Ezy.
“Ah dasar ganjen!! “ celetuk gue dalem ati. Dia mang tetangga gue, bahkan satu kelas ma gue, so ga heran klo dia tau Ezy suka gue. Cewe ini mang dah lama naksir Ezy, namanya Navisha. Biasa dipanggil Avis. Dia ini anak paling ganjen di rumah gue, klo ada cowo kerjaannya dandan ‘n mondar-mandir kaya setrika. Tapi, kasihan, Ezy sama sekali ga ngelirik cewe ini. Pantes aja Ezy kan suka cewe kalem.
Aneh, tiba-tiba dia nyamperin gue ‘n ngomong sesuatu yang bikin ati gue mangkel banget ma dia.
“Eh Zy, lo ko mau seh ma cewe yang ibunya mantan pencuri? Lo ga malu tuch? Lo kan dari keluarga terhormat“ celetuknya dengan nada yang sinis banget.
“Mantan pencuri? Siapa yang nyokapnya mantan pencuri?” tanyanya polos dan tengak-tengok.
“Itu, tu. Cewe yang lo taksir”, ujarnya sambil ngelirik ke arah gue.
“Rasya?” katanya sambil natap gue.
Kontan gue ngerasa dipermalukan banget ma dia. Apalagi Ezy natap gue dengan tatapan yang bingung ‘n ga percaya. Gue ngerasa risih banget ditatap kaya gitu ma Ezy. Ga terasa air mata gue netes sedikit demi sedikit dan lama-lama mengguyur wajah, malu gue dibuatnya.
Ga kuat nahan malu, langsung aja gue lari ke dalam rumah dan masuk kamar.
“Ya Tuhan salah apa gue ini, kenapa ada orang yang jahat banget ma gue??” kata gue dalam batin, dengan linangan air mata.

*

SIANG itu kampung Sukamaju geger adanya pencurian emas seberat 60,7 gram yang dilakuin ma seorang ibu rumah tangga bernama Sani. Peristiwanya terjadi pukul 12.30 WIB seperti yang diberitakan harian koran lokal, BuYuni sedang menidurkan anaknya berusia 5 bulan di kamarnya. Lalu Bu Sani nyamperin kamar Bu Yuni yang dikiranya sudah tertidur pulas. Bu Sani langsung menyikat habis perhiasan dalam almari Bu Yuni yang terdiri dari emas ‘n permata. Namun, tindakan Bu Sani ga semulus yang udah ia rencanain. Seorang bocah berusia 4 tahun bernama Andi, ga lain anak BuYuni yang pertama ngeliat tindakan Bu Sani. Kontan si Andi langsung ngebangunin nyokapnya. Tapi, Bu Yuni sempet ga percaya ma apa yang dah dikatain Andi. Setelah ia meriksa perhiasan yang ia simpan di almari, semuanya dah raib.
Ga buang-buang waktu Bu Yuni bergegas ngelaporin tindakan Bu Sani ke Pak Dani, suaminya. Pak Dani yang saat itu sedang berang, secara respek ngaduin kasus itu ke Polsek. Namun, polisi kesulitan mencari barang bukti, ‘coz semua perhiasan itu dah di jual ke tukang emas pinggiran. Di tambah para penadah perhiasan itu sulit di cari, karena letaknya sangat jauh dari TKP (Tempat Kejadian Perkara). Barulah 2 hari kemudian para penadahnya ketangkep.
Di Polsek, Bu Sani ditanyain ma Polisi apa alasan dia nekat nyuri perhiasan tetangganya sendiri. Dengan terbata-bata Bu Sani menjelaskan alasannya. Alasannya adalah untuk membantu Sony anak pertamanya yang lagi ngelamar kerja, namun Sony ngebutuhin uang pelicin agar ia diterima kerja di perusahaan itu. Bu Sani yang saat itu bingung tujuh keliling darimana ngedapeti uang pelicin sebesar 3 juta itu, nekat untuk nyuri perhiasan. Ga tanggung-tanggung yang ia santroni rumah tetangga yang letaknya tepat di depan rumahnya.
Setelah menjalani penahanan selama 1 minggu, Bu Sani kemudian dibebaskan. Hal itu karena Bu Yuni ngerasa iba pada Bu Sani yang masih punya anak balita, dia mencabut semua laporannya.
Ngebaca berita itu, gue kaya kesamber petir. Coz, pelaku pencurian itu adalah nyokap gue. Gue tau ini semua, gara-gara ga sengaja gue ngebuka kliping nyokap yang disimpan dalam almari.
Abiz ngebaca, buru-buru gue nyamperin nyokap ‘n nanyai soal peristiwa 15 tahun yang lalu.
“Ma, boleh ga Rasya nanya tentang kliping yang mama simpan di almari? Apa bener mama pernah.......” gue beraniin diri buat nanyain soal itu.
Sebetulnya gue ga nyampe hati nanyain hal ini ke nyokap, ‘coz gue takut nyokap tersinggung ‘n jadi sedih lagi karena pertanyaan yang gue sodorin. Tapi, karena rasa penasaran yang menggebu-gebu, gue nekat nanya.
Gue liat wajah mama bingung. Bola matanya nerawang jauh ke masa lalu. Mungkin dia bingung tiba-tiba anaknya nanyain hal yang ia rahasiain selama ini. Baru setelah mama narik nafas dalem-dalem dia mulai angkat bicara.
“Jadi Rasya dah tau masa silam mama?” tanya mama yang gue jawab dengan anggukan kepala. Tapi, bola mata gue ga sanggup ‘n ga berani natap wajah mama.
“Jadi mama itu......?” tanya gue lagi, masih dengan kepala tertunduk, ga sanggup nerusin kata-kata yang menyinggung perasaan mama.
“Ya......” potong mama buru-buru. Kemudian lanjutnya: “Begitulah masa silam mama yang kelabu. Mama pernah berbuat keliru mencuri perhiasan milik tetangga. Ya....mama ga bisa lupain masa silam yang pedih dan memalukan itu. Tapi Rasya tau kan, alasan mama nglakuin itu?” tanya mama seperti ditunjukkan pada dirinya sendiri. Dan gue cuma diem seribu bahasa.
“Mama terpaksa mencuri karena untuk biaya pelicin kakakmu agar bisa diterima bekerja di sebuah bank milik pemerintah” jawab mama dengan sesenggukan.
“Lalu papa?” tanya gue mulai berani natap wajah mama.
“Mama ga bisa ngandalin papa yang cuma sebagai karyawan kecil di sebuah sekolah swasta. Sedang biaya pelicin kakakmu masuk kerja, membutuhkan jutaan rupiah. Mama akhirnya nglakuin perbuatan yang ga baik.” kata mama dengan derai air mata.
Lihat mama nangis, gue juga ikut nangis. Gue ‘n mama saling pelukan dengan berlinangan air mata. Beban masa silam yang selama ini gue pendam, seketika mencair. Gue pun maafin mama. Betapa beratnya hidup yang ditanggung keluarga gue. Kemiskinan masa silam keluarga gue bener-bener menyakitkan. Tapi semua itu berakhir ketika kakak gue diterima kerja pada sebuah bank pemerintah hingga hidup kami berke-cukupan.

*

PAGI ini gue bangun lebih gasik. Udara hari ini bener-bener sejuk banget sesejuk hati gue sekarang. Gue pun bergegas mandi ‘n berangkat sekolah. Tapi di sekolah gue tetep masang tampang pendiem. Gue juga ga pernah keluar kelas klo istirahat. Pinginnya sendirian aja.
“Eh Sya, gi ngapain. Ko sendirian?” tiba-tiba Nafra nyamperin gue.
“Ga ngapa-ngapain ko” jawab gue singkat.
“Lo masih mikirin kejadian three days ago in your home ya?” tanyanya lagi, tapi ga gue jawab.
“Tenang aja, gue dah marahin abis-abisan si Avis” katanya lagi yang sempet bikin gue kaget.
“Kenapa lo lakuin itu?”
“Coz gue ga mau sobat gue yang tersayang ini sedih. Asal lo tau ya setelah kejadian itu lo tuh keliatan murung, diem ‘n kaya ga punya semangat hidup lagi. Mana Rasya yang dulu, yang tegar ngadepin cobaan, yang cuex ma setiap masalahnya. Enjoy the moment aja sobat!” ujarnya seraya meluk gue.
Gue pun ga bisa nahan air mata.
“Menangislah klo bisa bikin lo lega”
“Tapi, lo mo ga bagi-bagi cerita ma gue, dikit aja. Apa bener nyokap lo kaya gitu? Tapi klo ga mau no problem”.
Pertanyaan yang dia sodorin bener-bener berat. Apa gue harus ceritain? Akhirmya gue putusin ya.
“Em.....bener” gue mengusap air mata. Lalu gue ceritain semuanya ke dia.
“Gitulah ceritanya. Tapi, selama ini tetangga gue ga pernah ngasih kesempatan nyokap buat jadi warga yang baek lagi. Mereka menganggap segala kesuksesan yang diraih kakak gue karena tindakan nyokap. Itu ga adil kan, Fra?”
“Lo tuh harusnya bangga ma nyokap lo” ujarnya beri semangat ‘n gue cuma mantuk-mantuk.
Sepei sejenak.
“Oya gue lupa, ada titipan surat neh” katanya lagi sambil nyodorin sepucuk surat bersampul biru muda.
“Dari siapa?” tanya gue sambil ngerutin kening, tanda heran ‘n bingung.
“Lo baca aja sendiri” ujarnya sambil ngangkat pundak ‘n berlalu.


*



DI rumah gue buka surat itu. Di depan surat itu tertampang tulisan “To Rasya”. Pas gue baca dalemnya isinya kaya gini :

Dear Rasya,............
Hai Sya, gimana kabar lo? Moga-moga lo dalem keadaan sehat-sehat aja.
Sya, sebenernya gue pingin banget jujur ma lo tentang perasaan gue selama ini ke lo. Tapi, banyak banget kendalanya. Mungkin ini timing yang tepat buat ngungkapin semuanya. Sebenernya gue dah lama ngefans ma lo, but gue ga berani ngungkapinya, ‘coz sikap lo yang selama ini nyuekin gue. Sekali lagi gue ga tau setan mana yang mempengaruhi gue hingga gue berani lakuin ini. Sebelumnya maafin gue Sya.
Buat gue lo itu bagaikan penyemangat hidup ‘n lo itu bener-bener cewe yang punya face beautiful. Tapi yang penting bukan face lo aja yang beauty tapi lo juga innerbeauty. Lo itu punya kepribadian cewe yang laen daripada yang laen.
Mungkin lo bingung ‘coz masa silam keluarga lo dah kebongkar semua gara-gara Avis. Asal lo tau dia dah gue nasehati baek-baek. Dia juga minta maaf ke lo lewat surat ini. Lo ga perlu takut kehilangan temen-temen lo karena masa silam keluarga lo, itu ga akan mungkin terjadi. Gue selalu ada disamping lo. Gue ga perduli akan masa silam keluarga lo yang memalukan sekalipun. Gue tetep sayang ‘n cinta ma lo karena lo belahan jiwa ‘n hati gue. Gue ga butuh masa silam keluarga lo, yang gue butuhin cinta ‘n kasih sayang lo yang tulus dari lubuk hati lo. Masa silam hanyalah masa yang terlewatkan, asalkan qta janji ga akan ngulanginya lagi, masa silam itu akan terlupakan dan menjadi nostalgia tak terulang dalam kehidupan keluarga lo. Gue yakin Tuhan ga akan menghukum hamba-Nya yang dah minta maaf ‘n janji ga akan ngulanginya lagi. So lupain aja memory itu.
Gue berharap lo ngertiin perasaan gue ‘n mau nrima cinta gue, ‘coz tanpa lo hidup gue ga da artinya. Seutuhnya cinta gue cuma buat lo seorang. Lo lah cinta abadi gue selamanya. Mengertilah tentang perasaan gue yang selama ini menanti lo. I Luv u N I miss u forever Rasya............

From:
Pecinta Sejati,
Ezy



Tegal, Desember 2005




CATATAN:
Cerpen di atas merupakan salah satu bagian dari Kumpulan Cerpen Teenlitku bertajuk ‘Sory...Gue Ga Bisa Nolak Lo’ yang aku buat saat masih duduk di kelas 3 SMP Neegeri 2 Kota Tegal.

Tidak ada komentar: