Jumat, 10 Oktober 2008

BIOGRAFI


KEN RATU

Ken Ratu lahir di Tegal, 14 Nopember 1990. Sebagai anak ke 2 dari 4 bersaudara pasangan Lanang Setiawan dan Endang Sukmawati, dia tak pernah bercita-cita menjadi seorang penulis. Tapi nasib telah menuntunnya ke arah sana. Apa boleh buat.
“Aku tak pernah memimpikannya menjadi seorang penulis. Aku menginginkan menjadi seorang pramugari” kata Ratu suatu ketika.
Ratu memiliki nama panjang Ken Ratu Adni sukmawati. Tapi biar lebih gaul dia lebih suka dipanggil Ratu tanpa embel-embel lain.
Ratu memulai menekuni dunia tulis menulis saat masih duduk di bangku kelas 2 SMP Negeri 2 Kota Tegal. Tak baèn-baèn Ken Ratu langsung membuat kumpulan cerpen teenlit berjudul “Sory…Gue Ga Bisa Nolak Lo”. Kumpulan cerpen Ken Ratu itu dia tulis saat masih duduk di kelas 2 SMP dan diterbitkan oleh Tabloid TEGAL TEGAL.
Kemudian pada akhir kelas 3 SMP, dia bikin novel berjudul “Pelangi Tiga Minggu”. Novel perdananya itu dia kirim ke SUARA MERDEKA dan ternyata menjadi cerita bersambung yang dimuat tiap hari Minggu secara berturut-turut sampai 15 edisi. Honor dari Cerbung “Pelangi Tiga Minggu” dia gunakan untuk ‘Kekah’ berbarengan dengan acara HUT Ke 17 tahun. Dalam acara HUT-nya, diramaikan oleh Kelompok Musik Warung Sastra Tegal pimpinan Nurngudiono, juga diramainan oleh para penyair Kota Tegal seperti Bontot sukandar, R. Jayeng Jaladara, Rudi Iteng, Rofie Dimyati, tak ketinggalan juga Wakil Walikota Tegal Dr. Maufur yang membacakan puisi tegalannya. Turut pula Slamet Gundono dengan aksinya pentasnya yang cukup menghebohkan.
Selain Ratu menilis cerpen, juga karya puisinya banyak dimuat di Harian Pagi nirmala Post. Karya cerpennya banyak dimuat di Majalah KANDELA asuhan Sisdiono Ahmad. Oleh cerpenis angkatan 66 SN Ratmana, karya Ken Ratu dinilai cukup menggigit karena walau dia menulis cerita remaja, tapi ulasannya cukup dewasa dan memiliki bakat yang kental.
Sekarang Ratu tengah menulis novel baru mengenai lika-liku kehidupan tobong ketoprak dalam kemasan yang menggigit, diramu dengan kehidupan remaja saat ini. Ken Ratu kini masih duduk di bangku kelas 3 SMK Negeri 2 Kota Tegal.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamualikum Wr.Wb.
Salam kenal, namaku Fanirosa.
Aku ingin sekali mengenalmu lebih dekat, mengingat hobi kita sama, menulis.
Aku kenal kamu dari mas Apas. Tapi aku cuma dapat nomer Pak Lanang dari dia. Setelah aku kontak Pak Lanang, eh aku malah disuruh mengunjungimu di blogmu ini.
tolong kontak aku di 085697475292 ya... kapan2 mungkin kita bisa ketemuan di Tegal.
terima kasih.
Wassalam.